Monday, June 13, 2011

Menabung Dengan TabunganKu

                Baiklah. Saya kali ini akan berbagi pengalaman membuka rekening bank BTN. Harap diperhatikan, yang berikut ini bukan iklan lho. Tapi saya hanya berbagi pengalaman saja. :D
                TabunganKu, merupakan program pemerintah yang mengajak masyarakat untuk lebih giat menabung. Program ini terdapat di bank-bank pemerintah (apa BUMN ya? Pokoknya gitu deh kurang lebihnya), seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN. Poin terpenting dari program ini adalah, nasabah tidak akan dikenakan biaya administrasi sepeserpun! Bagus bukan, untuk mahasiswa seperti saya yang mempunyai niat mulia untuk menabung? :)
                Di kampus saya, sebuah universitas negeri di kota Surakarta a.k.a Solo yang berada di tepi Bengawan Solo, ada 3 bank pemerintah yang membuka cabang di dalam kampus. BNI, BRI, dan BTN. Tadinya, saya ingin memilih BNI. Alasannya, AC-nya dingin, hohoho (tidak rasional, haha). Tetapi, BNI di rumah saya berada lebih jauh daripada bank BRI atau BTN. Lagipula, program TabunganKu di BNI juga hanya dapat disetor melalui kantor cabang tempat membuka rekening, dan yang paling bahaya, BNI menyediakan ATM untuk TabunganKu! (bahaya, bisa-bisa habis!). Beralih ke opsi kedua. Bank BRI sebenarnya cukup dekat dari rumah saya, tetapi baik kantor cabang di dekat rumah saya maupun kantor cabang di kampus, tidak melayani pembukaan rekening TabunganKu. Wah, payah banget kan?
                Opsi ketiga adalah bank BTN. Lokasi dekat dari rumah, di kampus ada, dan yang paling penting, melayani pembukaan rekening TabunganKu. Horee! Akhirnya saya mempunyai rongga ketiga untuk menyimpan uang. Anggap saja seperti dehidrasi, hehe (airnya hilang ke rongga ketiga, :D). Ketika uangnya sudah terkumpul, barulah nanti diambil. Pokoknya, saya tidak mau mengambil uang tersebut!
                Oiya, ini dia keuntungan rekening TabunganKu dari situs bank BTN:
Manfaat:
1.       Bebas biaya administrasi bulanan.
2.       Setoran awal ringan.
3.       Bunga harian.
4.       Mendapatkan kartu ATM (pilihan).
5.       Penyetoran dapat dilakukan di semua kantor Cabang Bank BTN.
Persyaratan:
1.    Penabung Perorangan
2.    Warga Negara Indonesia
3.    Memperlihatkan dan memberikan fotokopi kartu identitas, sepert KTP/SIM/Paspor (untuk pemilik paspor yang telah berusia 17 Th keatas).
4.    Mengisi dan menandatangani formulir pembukaan rekening.
Dan berikut ini adalah foto buku TabunganKu:


Oke, berhasil dan sukses dalam berhemat dan menabung! :))

4 comments:

  1. di BTN kalo transper be BRI, BNI, BA kena biaya ga ???#@$#@
    saya mo nabung nig, karena yang dekt rumh cuma BTN

    ReplyDelete
  2. setahu saya, setiap bank mengenakan biaya untuk transfer ke bank lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada batasan transaksi tidak kena biaya kah?

      Delete
  3. wah thanks banget nih artikelnya sangat membantu buat referensi saya..
    Nah ini saya pengin sharing artikel yang membantu mengubah hidup saya juga, silahkan di baca dan resapi :
    Menabung di peer to peer lending

    ReplyDelete